Ruang Kecil ini Punya 3 Fungsi Sekaligus

By on June 7, 2017

Interior 1 Ruang 3 Fungsi

Dengan luasan tak seberapa, sudut ruangan ini disulap menjadi sebuah tempat dengan 3 fungsi ruang: ruang rapat, ruang membaca, dan ruang penyimpanan.

Umumnya setiap ruang minimalnya memiliki satu fungsi, misalnya ruang tamu sebagai area menerima tamu atau kamar tidur sebagai ruang untuk tidur. Padahal, Anda bisa membuat fungsi tambahan dalam ruang-ruang tersebut. Namun yang sering jadi masalah adalah ukuran rumah yang terbatas sehingga membuat kebutuhan ruang tidak tercukupi secara maksimal. Akhirnya kita harus mengorbankan salah satu kebutuhan ruang menjadi berukuran sangat kecil, bahkan mungkin ada yang ditiadakan.

Misalnya ruang baca atau perpustakaan bisa menjadi ruangan yang sangat diidam-idamkan oleh orang yang hobi membaca. Namun karena keterbatasan tempat keinginan membuat ruang tersebut urung dilakukan.

Kami punya tip menarik untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu bagaimana menyiasati salah satu sudut ruangan agar dapat dimanfaatkan lebih maksimal dan efektif. Kita lihat, yuk.

Satu Sudut, Fungsi Lebih Banyak

Jika umumnya satu sudut hanya difungsikan sebagai satu ruangan, buatlah ruang vertikal yang berada di atas ruangan lain sehingga sudut tersebut memiliki fungsi lebih dari satu. Contohnya seperti ruang rapat pada

yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini. Di atas ruang rapat tersebut dibuat ruang lain yang berfungsi sebagai tempat membaca dan bersantai sambil bekerja. Tempat ini dinamakan Tatami—berasal dari bahasa Jepang, yaitu semacam tikar dari Jepang yang dibuat secara tradisional dan bisa digunakan sebagai tempat duduk lesehan.

Lantai ruang Tatami di kantor ini menggunakan karpet sebagai penutupnya. Penggunaan karpet pun pada ruangan ini ditujukan agar orang dapat duduk lesehan dengan nyaman. Meskipun desain ini diterapkan pada ruangan kantor, tetapi menurut Jerry Martiadi – salah satu orang yang juga mendesain kantor Maverick – desain ini pun sangat mungkin untuk diterapkan di rumah. Misalnya ruang atas digunakan untuk musala atau lain sebagainya. Jadi, jika Anda kekurangan ruang di rumah, memanfaatkan ruang vertikal bisa jadi salah satu solusinya.

Anak Tangga Jadi Rak Sepatu

Selain fungsi utamanya sebagai ruang rapat dan ruang baca, sudut ruangan ini ternyata masih menyimpan banyak kelebihan. Misalnya pada 3 anak tangga dari paling bawah sengaja dibuat ruangan sebagai tempat menyimpan alas kaki. Kemudian, pada salah satu sisi dinding ruang rapat yang berada di bawah, dimanfaatkan sebagai lemari-lemari penyimpanan serbaguna. Lemari penyimpanan itu memanfaatkan ruang kosong berada di bawah tangga akses ke ruang baca.

Selain itu, pada seluruh dinding ruangan itu, khusunya bagian luar dan atas, banyak dikembangkan fungsinya sebagai rak-rak penyimpanan dan pajangan. Kemudian, dinding bagian atas dibuat bersekat-sekat untuk menaruh buku-buku bacaan di area ruang baca.

Interior 1 Ruang 3 Fungsi (1)

Menggunakan Material Sederhana

Bahan material yang digunakan untuk membangun ruangan vertikal berukuran 3m x 4m dan tinggi 2.2m ini pun cukup sederhana. Sebagian besar dinding dan raknya dibuat dari bahan multipleks yang dilapis dengan HPL.  Untuk penopang ruang vertikal ini, digunakan rangka baja agar lebih kokoh untuk menahan beban di atasnya. Kemudian, rangka baja tersebut ditutup dengan tripleks berukuran 18mm dan karpet berwarna cokelat yang senada dengan dindingnya. Jenis karpet yang sama juga digunakan untuk melapisi tangga yang terbuat dari kayu. Selain bahannya yang sederhana, pembuatannya pun terbilang cukup cepat.

Teks Axel Nathanael Foto Jou Endhy Pesuarissa

Lokasi Maverick Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide