Mudahnya Membuat Terarium Sendiri

By on March 27, 2017
Buat Terarium_1

Tak hanya menghijaukan, taman ini juga berfungsi sebagai elemen dekoratif dalam mempercantik rumah.

Terarium adalah taman mini berupa tanaman hias di dalam akuarium kaca atau plastik. Tampilannya yang cantik datang dari warna-warni tanaman, batu hias, atau pajangan menarik lainnya.

Karena ukurannya yang mungil, terarium bisa menjadi pajangan sekaligus solusi taman di lahan sempit. Anda dapat meletakkannya di meja ruang tamu, meja makan, kabinet dapur, nakas kamar tidur, dan sebagainya.

Cara membuatnya pun tak begitu rumit. Ini dia tahapannya!

  • Bersihkan kaca akuarium dengan menggunakan alkohol dan seka dengan tisu hingga kering.
  • Masukkan media tanam (arang) hingga seperenam tinggi akuarium.
  • Tambahkan moss (serabut dari akar pakis) kering di atas arang. Jangan lupa untuk menaburkan pupuk di atas moss.
  • Ambil tanaman dari pot, potong akarnya jika terlalu rimbun. Bersihkan sisa-sisa tanah pada akar tersebut dan tanamkan di dalam akuarium. Gunakan bantuan ujung sendok atau garpu untuk menimbun akar.
  • Jika tanaman sudah tersusun rapi, pasang sedotan pada ujung corong dan gunakan untuk menaburkan zeolit ke sekeliling tanaman. Zeolit ini berfungsi untuk mempercantik dan katalisator kelembapan di dalam akuarium.
  • Terakhir, taburkan batu atau hiasan menggunakan sendok sesuai selera Anda. Intinya hindari menggunakan tangan langsung untuk menyentuh terarium. Terarium pun siap dipajang.

Yang perlu diperhatikan, tidak semua jenis tanaman bisa di tanam di taman ini. Anda harus memilih tanaman mungil yang lama tumbuh, serta mampu bertahan hidup pada kelembapan tinggi dan suhu ruang. Contohnya, tanaman kaktus.

Untuk perawatannya, Anda cukup menyiramnya dengan cara menyemprotkan air ke dinding akuarium. Ingat, jangan terlalu banyak di semprot. Biarkan air menetes secara alami ke media tanam. Rumah hijau, interior pun jadi cantik. Mudah, kan cara membuat dan merawatnya!

Teks & Foto Irfan Hidayat

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide