Ini yang Bikin Uang Tabungan Anda Selalu Bocor

By on May 3, 2017

Uang Tabungan Bocor

Hal-hal ini acapkali dapat membuat uang tabungan Anda sulit merangkak naik malah cendrung terus menurun. Kira-kira apa saja ya?

Sebetulnya, Anda dapat jauh lebih menghemat jika pintar mengatur pengeluaran, baik untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginan. Namun terkadang, tanpa disadari kita mengeluarkan uang untuk membeli benda atau memenuhi kegiatan yang tak terlalu dibutuhkan di rumah.

Jika ditabung, mungkin Anda dapat menggunakannya untuk makan-makan besar bersama keluarga, liburan, biaya pendidikan non formal anak, dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, ingin tahu ke mana saja uang tabungan Anda “lari”? Parahnya, hal-hal ini biasanya dilakukan di rumah lho!

Simak uraiannya berikut ini.

Pemakaian TV Berlangganan

Umumnya, berlangganan TV kabel membutuhkan dana mulai termurah 120rb. Coba Anda kalikan dengan pemakaian 12 bulan (setahun). Berarti, Anda mengeluarkan biaya ± 1,4 juta. Paket termurah ini pun belum tentu semua saluran televisi dapat ditonton. Jika Anda ingin menonton saluran tertentu, Anda perlu menambah paketnya lagi.

Mengingat rutinitas Anda yang padat, belum tentu Anda akan rutin menonton televisi. Apalagi jika Anda sudah berlangganan internet. Anda bisa kembali menonton tayangan yang sebelumnya sudah diputar di youtube atau media lain. Benar?

Jika dananya tak dipakai untuk berlangganan tv kabel, Anda bisa mengalokasikan uangnya untuk keperluan lain.

Banyak Makanan yang Terbuang

Ini umumnya terjadi di kalangan ibu rumah tangga. Saat belanja di supermarket, mereka “lapar mata” sehingga membeli makanan yang sebetulnya kurang diperlukan. Akhirnya, banyak makakan yang tidak digunakan sehingga basi atau membusuk di dalam kulkas.

Misalnya, membeli baso, chicken nugget, spicy wing, dan sosis. Namun, belum tentu Anda makan makanan instan ini tiap hari kan? Jadi sebaiknya beli yang sekiranya memang dibutuhkan untuk menu makanan tiap harinya. Misalnya telur.

Sebab, telur adalah makanan yang paling fleksibel digunakan untuk menu makanan. Selain itu, pastikan pada beberapa hari ke depan akan ada masakan yang juga menggunakan bahan tersebut agar tidak mubazir.

Mengikuti Keanggotaan Pusat Kebugaran

Dari pada menjadi member dari suatu pusat kebugaran, lebih baik Anda lakukan aktivitas olahraga ringan yang tidak membutuhkan kocek yang besar. Misalnya saja, jogging dan bersepeda. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti rangkaian gerakan senam dari sebuah video.

Caranya bisa 2, beli videonya atau Anda bisa memanfaatkan youtube untuk mengikuti alur gerakannya. Simpel dan lebih irit kan? Tak hanya itu, kini juga ada aplikasi yang dapat menuntun Anda melakukan gerakan-gerakan olahraga kecil via aplikasi di smartphone. Gratis lagi!

Ketergantungan Menggunakan Tisu

Dewasa ini, penggunaan tisu mulai digunakan untuk banyak kegiatan. Mulai dari tempat membuang ingus, mengelap wajah, membersihkan peralatan makan, dan lain sebagainya. Akhirnya, hal itu menimbulkan efek negatif baik untuk lingkungan maupun untuk tabungan Anda. Bukan tidak boleh menggunakan tisu, tapi sebaiknya bijak dan pilih-pilih aktivitasnya. Misalnya, hanya untuk mengelap peralatan makan atau sekadar mengelap tangan.

Order Makanan atau Barang Via Online

Dunia semakin maju, begitu pula teknologi. Kini, beli makanan atau barang bisa dilakukan secara online. Akibatnya, order barang dapat dilakukan dengan sentuhan jari di smartphone. Jadi, saat menikmati waktu senggang di rumah, Anda suka berselancar di dunia maya untuk pergi ke toko-toko online. Sehingga, perilaku konsumtif yang tak terhidarkan. Kemudahan beli barang ini memang berdampak positif untuk efisiensi, tapi berdampak buruk juga jika Anda tak mampu menahan keinginan beli barang yang meluap-luap.

Aktivitas-aktivitas di atas sebaiknya dihindari. Sebab, uang tabungan akan selalu bocor dan enggan merangkak naik jika Anda masih melakukannya. Semoga artikel ini membuka pikiran Anda, ya!

Teks Zeldjian Poetera Athallah Foto pixabay.com

About Rumah Guide