Beli Rumah Jauh dari Tempat Kerja? Ini Tipsnya!

By on February 24, 2017
Tempat Kerja Jauh

Idealnya, hunian dan tempat kerja jaraknya berdekatan. Bila “terpaksa” membeli hunian jauh dari tempat kerja, ini yang Anda harus lakukan sebelumnya.

Hari gini siapa yang tak mau punya hunian yang dekat dengan tempat kerja. Selain memudahkan Anda untuk mengaksesnya, ada banyak manfaat keuntungan lain yang bisa didapatkan.

Sebagai contoh, biaya pengeluaran untuk transportasi jadi lebih murah, efektivitas kerja tidak terganggu akibat perjalanan yang terlalu lama, tingkat stres lebih kecil karena tidak perlu bermacet ria, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, mengingat jaraknya dekat dengan hunian Anda, waktu berkumpul dengan keluarga pun lebih banyak. Selain itu, Anda tidak perlu bangun terlalu pagi atau pulang terlalu larut malam. Enak bukan?

Namun, banyak orang yang sulit mewujudkan ini. Contoh nyatanya, ada banyak orang yang kerja di Jakarta, tetapi tinggalnya di pinggiran Jakarta. Selain jumlah rumah atau hunian kian sedikit, harganya pun selangit.

Nah, bila Anda terpaksa membeli hunian yang jaraknya jauh dari tempat kerja, ini yang harus Anda lakukan sebelumnya.

1. Cermati Lingkungan Perumahan

Sebelum Anda menentukan apakah rumah tersebut akan jadi calon hunian, pastikan lingkungan perumahan tersebut baik. Tujuannya, agar Anda nyaman tinggal di sana. Perhatikan keadaan lingkungan dalam dan luar kompleks perumahan Anda.

a. Lingkungan Dalam Komplek

  • Bebas banjir.
  • KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KLB (Koefisien Lantai Bangunan) perumahan memiliki presentasi 60% berbanding 40%. KDB lebih kecil dari 60%, lebih baik.
  • Ketersediaan air bersih harus baik.
  • Listrik perumahan kondisinya memadai.
  • Pengembang harus jelas.

b. Lingkungan Luar Komplek

Bila Anda bisa mendapatkan lingkungan komplek yang menyediakan fasilitas umum yang lengkap, itu sangat baik buat Anda. Bila tidak, Anda wajib survei di mana letak fasilitas umum tersebut berada. Tujuannya, agar Anda tahu di mana letak fasilitas umum yang nantinya Anda perlukan. Jika memungkinkan, carilah hunian yang memiliki fasilitas umum yang berdekatan dengan hunian Anda.

2. Perhatikan Aksesnya

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Idealnya, dari dan menuju kantor, Anda tak naik-turun kendaraan lebih dari 3 kali. Perhatikan juga apakah kendaraan umum yang digunakan dapat beroprasi lebih dari jam 11 malam. Selain itu, paling tidak ada 2 alternatif kendaraan umum lain. Jadi Anda tak terpaku untuk naik 1 kendaraan umum saja. Terakhir, liat waktu tempuhnya. Jangan sampai memakan waktu tempuh lebih dari 2jam lamanya.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, inilah beberapa hal yang perlu dicermati. Pertama, akses dari dan menuju kantor mudah lalui (motor-motor). Kondisi jalan baik, serta dekat dengan jalan utama. Ketiga, akses dari dan menuju kantor memiliki alternatif. Bila memungkinkan, aksesnya dapat ditempuh melalui jalur tol agar mendapatkan efisiensi waktu. Terakhir, waktu tempuh dari dan menuju kantor tak lebihd dari 2jam.

Teks Zeldjian Poetera Athallah Ilustrasi Anton Nugroho

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide