Agar Tetap Berfungsi Optimal, Ini Cara Sederhana Merawat Lampu Taman

By on May 3, 2017

Merawat Lampu TamanSelain sebagai pencahayaan, lampu taman juga dapat berfungsi sebagai elemen dekoratif di taman milik Anda. Meski elemen ini termasuk barang yang jarang rusak, bukan berarti Anda tidak perlu merawatnya. Ini cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat lampu taman di hunian.

Mengingat penempatannya ada pada area eksterior hunian, faktor material yang tahan terhadap segala cuaca pasti sudah jadi alat sortir tersendiri sebelum memilih lampu taman. Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengacuhkannya, tanpa perlu merawat lampu taman.

Paling tidak, Anda harus membersihkannya agar cahaya yang dihasilkan tetap jernih dan tidak mengurangi intesitas cahaya yang dikeluarkannya. Sebetulnya, merawat lampu taman sendiri tidaklah sulit dilakukan.

Nah, jika Anda masih belum tahu bagaimana cara merawat lampu taman yang tepat, berikut rumahguide.id akan berikan tipsnya.

Pertama. Hal yang perlu diperhatikan ketika merawat lampu taman adalah komponen-komponen yang dipakai untuk meletakkan lampu taman. Misalnya, bagian penutup dan kacanya yang harus dibersihkan sehingga bebas dari debu. Setidaknya, lakukan aktivitas ini 2 atau 3 minggu sekali.

Kedua. Selain kedua bagian di atas,  bagian lain yang mesti dibersihkan adalah wadah atau kap lampu taman. Baik pada bagian dalam maupun luarnya. Jika hanya berupa debu dan kotoran biasa, Anda bisa membersihkannya dengan kain/lap basah.

Ketiga. Jika sudah dihinggapi karat, mau tidak mau Anda perlu mengamplasnya bagian karatnya hingga hilang. Setelah itu, lakukan pengecatan ulang pada bagian-bagian yang sudah dibersihkan karatnya. Cara ini tentu lebih murah dibandingkan Anda harus membeli dan mengantinya dengan yang baru.

Keempat. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan sistem aliran listrik. Umumnya, kabel-kabel ini diletakkan di dalam tanah untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, ceklah secara rutin kabel aliran listrik untuk memastikan apakah ada kabel yang mengalami kerusakan atau ada kabel yang putus. Lakukan hal ini setidaknya 3 atau 4 bulan sekali.

Dengan melakukan keempat hal di atas, Anda bisa merawat lampu taman agar tetap berfungsi sebagai mana mestinya. Selain itu, Anda juga bisa menghemat anggaran pengeluaran tentunya. Semoga bermanfaat!

Teks Zeldjian Poetera Athallah Foto Shinta Meliza

Lokasi Kediaman Kaelani, Perumahan Grand Puri Asih, Bitung, Tangerang

Desainer Interior Kaelani, Kayla Furniture & Interior Design

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide