6 Aturan Penting Buat Jalan Setapak Di Taman

By on April 25, 2017

Jalan SetapakAgar aman dan nyaman, jalan setapak di taman juga punya aturan penting yang harus Anda penuhi. Apa sajakah itu?

Kehadiran taman dapat membuat suasana rumah lebih, hidup, damai, dan tentunya asri. Tak heran, jika banyak orang berusaha keras untuk mengaplikasi taman di rumah walaupun lahan yang mereka miliki terbatas.

Padahal, merawat taman bukan perkara mudah lho. Dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus agar tanaman tetap menghijau dan berbunga. Apalagi, jika taman Anda ingin dirancang aktif, minimalnya dijadikan tempat untuk jalan-jalan santai.

Yang perlu Anda perhatikan adalah, bagaimana meletakkan jalan setapak di antara tanaman yang ada di taman. Jangan sampai Anda salah meletakannya. Karena berpotensi merusak keindahan taman.

Ini dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat jalan setapak.

Pertama, bayangkan dulu arah atau alur yang ingin dijangkau. Tujuannya agar kebutuhan Anda terpenuhi dan taman pun dapat tetap terjaga keindahannya.

Kedua, cermati jarak antar pijakan. Jarak antara pijakan satu dengan lainnya harus pas. Tak boleh terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Ditakutkan, Anda akan terpeleset nantinya dan tidak nyaman saat berjalan di atasnya. Umumnya jarak yang nyaman adalah 25-30cm.

Ketiga, bila Anda menggunakan batu pijak, membuat pola zig-zag adalah langkah yang tepat. Mengapa? Pola tersebut akan membuat Anda lebih nyaman untuk melangkah, sesuai dengan ritme kaki kanan dan kiri Anda.

Keempat, ada baiknya Anda menggunakan semen sebagai dasar batu pijakan. Fungsinya, agar batu pinjakan tak akan lari (kokoh) bila kondisi taman Anda basah lantaran sehabis disiram atau pasca hujan.

Kelima, usahakan pemasangan batu pijakan berada di atas permukaan tanah yang rata. Agar orang yang berjalan di atasnya lebih nyaman dan memperkecil kemungkinan terpeleset.

Keenam, Jika Anda menggunakan stepping stone sebagai jalan setapak, buatlah tonjolan seminim mungkin, agak mengurangi kemungkinan tersandung pada batu yang menonjol.

Teks Zeldjian Poetera Athallah Foto Arif Budiman

Lokasi Kediaman Aswin-Primarani, Bintaro, Tangerang Selatan

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide