Menggabungkan Dua Rumah

By on February 10, 2017

Konsultasi Joy_1Dear Pak Wijoyo Hendromartono,

Saya bermaksud menggabungkan 2 rumah yang berdampingan dan merenovasi fasad rumah agar lebih bagus. Bentuk tanahnya tidak beraturan, dengan luas sekitar 244m2, menghadap selatan. Secara posisi, letak rumah berhimpitan kanan-kiri dan belakang dengan tetangga.

Adapun ruangan yang saya butuhkan adalah sebagai berikut.

  1. 1 kamar tidur utama + kamar mandi dan 2 kamar tidur anak + 1 kamar mandi.Kalau bisa ditempatkan di 1 area agar bisa terkontrol.
  2. Ruang kerja
  3. Ruang jahit.
  4. Ruang solat
  5. Ruang untuk treadmill dan sepeda
  6. Kamar tidur ibu
  7. Ruang serba guna/keluarga
  8. Dapur dan ruang makan
  9. Ruang tamu
  10. Gudang
  11. Garasi 2 mobil dan 2 motor
  12. Ruang servis: cuci jemur dan setrika di 1 area.

Di rumah ini, tinggi plafon hanya 2,4m sehingga sumpek. Semoga bapak dapat membantu membuat denah dan mendesain rumah menjadi lebih nyaman.

Terima kasih atas perhatian dan bantuan bapak.

Rudi, Jakarta

343---Tampak-Rumah

Jawaban

Bapak Rudi yang baik,

Terima kasih atas kiriman pertanyaannya. Untuk menjawab pertanyaan

ini, saya perlu sedikit mengarang atau terjemahan bebas, karena gambar yang Anda kirimkan tidak disertai dimensi ruang dan hanya terdapat denah lantai 1 saja. Sementara, foto rumah yang Anda kirimkan sepertinya merupakan bangunan tiga lantai.

Dari foto yang Anda kirimkan, sepertinya kedua rumah memiliki ketinggian lantai yang berbeda. Jangankan menggabungkan 2 bangunan/rumah, menggabungkan 2 ruangan saja selalu mengalami perbedaan ketinggian lantai. Jadi Anda perlu betul-betul memerhatikan perbedaan ketinggian lantai kedua rumah tersebut, dan seberapa tinggi perbedaannya.

Sementara itu dari foto yang ada, sepertinya rumah ini memiliki ketinggian yang berbeda pula di lantai 2 nya. Ruangan di atas garasi lebih rendah daripada ruangan di sebelahnya. Jadi dalam menggabungkan kedua rumah tersebut Anda akan mendapatkan kesulitan dalam mengatur ketinggian lantai. Dalam memberikan jawaban ini pun saya hanya bisa memberikan perkiraan saja, karena keterbatasan data yang Anda berikan.

Di lantai 1, setelah membuka dinding pembatas rumah 1 dan rumah 2 serta membongkar ruang tidur, Anda perlu menyamakan ketinggian lantai rumah. Apabila perbedaan ketinggian cukup tinggi, Anda bisa menambahkan beberapa anak tangga untuk menggabungkan ruangan. Saya akan tetap mempertahankan ruang terbuka/halaman belakang untuk keperluan sirkulasi udara.

Ruang tidur yang saya pertahankan adalah ruang tidur orang tua atau ruang tidur tamu. Ruangan yang ada diperluas dan ditambahkan kamar mandi. Bagian tengah rumah menjadi ruang bersama keluarga berukuran luas. Anda bisa mengadakan acara keluarga di ruangan ini dengan nyaman dan lega.

Garasi yang ada saat ini ukurannya – apabila gambar yang Anda berikan benar – sangat mimim, hanya cukup untuk menampung 2 buah mobil berukuran mini. Saya memperluas garasi dengan memundurkan dinding serta melebarkan ke samping kanan, agar bisa menampung 2 mobil dan sepeda motor nantinya.

Tangga rumah saya fungsikan satu saja, sementara tangga satunya (sebelah kiri) saya fungsikan sebagai perluasan ruang keluarga agar terlihat lebih luas. Bentuk tangga saya ubah untuk menyesuaikan dengan bentuk denah bangunan, agar tidak tersisa ruang aneh (dead space) yang membuat ruangan menjadi semakin ganjil. Namun tangga di lantai 2 pada rumah kedua kalau diperlukan dapat tetap Anda gunakan untuk mencapai lantai 3 atau atap yang dapat menjadi area servis rumah Anda.

Ruang makan dan dapur di rumah I tetap saya pertahankan dan akan menjadi ruang makan yang lebih luas dari sebelumnya, dengan memberikan bukaan ke arah taman dan teras belakang.

Ruang tidur utama dan ruang tidur anak-anak saya letakkan di lantai 2 (area depan) untuk pertimbangan sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik tentunya. Selanjutnya ruang yang ada adalah ruang-ruang penunjang lainnya seperti yang Anda inginkan.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan, agak pendek karena minimnya informasi yang saya terima. Semoga Anda berkenan. Salam.

343 - Denah Bawah

LANTAI 1

  1. Carport
  2. Teras depan
  3. Garasi (2 mobil + 2 sepeda motor)
  4. Ruang tamu
  5. Ruang keluarga
  6. Ruang kerja 1
  7. Powder room/WC
  8. Ruang makan
  9. Dapur
  10. Teras belakang
  11. Ruang tidur orang tua
  12. Kamar mandi
  13. Gudang

343 - Denah AtasLANTAI 2

  1. Ruang keluarga 2
  2. Ruang kerja 2
  3. Ruang tidur anak 1
  4. Ruang tidur anak 2
  5. Kamar mandi
  6. Ruang sholat
  7. Ruang jahit
  8. Balkon belakang
  9. Ruang olahraga
  10. Balkon depan
  11. Ruang tidur utama
  12. Walk-in closet
  13. Kamar mandi utama

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide