Menggabungkan Dua Rumah Jadi Satu

By on February 13, 2017

Konsultasi Irfan_1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam kenal mas Irfan. Nama saya Sri, saya tinggal di Depok, Jawa Barat.

Saya dan suami baru membeli rumah, jumlahnya 2 buah. Bukan bermaksud sombong, kalau kami langsung membeli 2 rumah sekaligus. Ini dikarenakan luas bangunan yang dijual pengembang sangat kecil, yaitu 29m2 dengan luas tanah 72m2.

Setelah saya berputar-putar sekeliling kawasan depok juga, harga rumah di perumahan ini masih jauh di bawah harga perumahan lainnya. Jadi, kami langsung memutuskan membeli 2 rumah, yang lokasinya berdampingan.

Nah, saat ini, kami berdua ingin merenovasi rumah. Renovasinya sih enggak perlu total, tetapi hanya sebagian kecil saja. Maklum, uangnya sudah tersedot untuk biaya membeli rumah. Kami sesuaikan dengan kebutuhan ruang yang kami perlukan saat ini.

Kami ingin ada dapur, ruang makan, gudang, dan 2 kamar anak. Itu sih kebutuhan yang ingin kami hadirkan di rumah. Selebihnya sih belum. Oya, kami berdua juga tidak berencana untuk mombongkar fasad dulu. Kami lebih konsen untuk menggabungkan kedua rumah ini, serta ingin meningkat bagian belakang salah satu rumah. Maklum, kalau menungkat banyak, nantinya biaya yang dikeluarkan besar lagi.

Kiranya itu mas Irfan. Mohon bantuannya.

Jawaban

Studio Desain 281 Fan 1_1

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Iya Ibu Sri, salam kenal juga.

Terima kasih sebelumnya telah menghubungi kami.

Langkah pertama yang akan saya ambil adalah menjebol dinding tengah antara ruang keluarga 1 di rumah 1 dan ruang keluarga di rumah 2. Tidak semua dinding, hanya sebagian dinding saja. Kedua, saya juga menjebol dinding bagian belakang agar lebih luas.

Untuk rumah yang posisinya di kiri, saya tambahkan bangunan dapur dan ruang makan. Sedangkan rumah yang posisinya di kanan, saya buat 2 lantai.

Lantai 1 saya tambahkan akses tangga dan gudang di bawahnya, sementara kamar anak saya letakkan di atasnya. Di area ini juga saya tambahkan kamar mandi untuk dipergunakan anak Anda.

Untuk area tengah saya biarkan menjadi area terbuka untuk taman. Tujuannya agar rumah selalu sehat, karena tetap mendapat cahaya matahari dan tempat pertukaran udara.

Denah lantai 1

Studio Desain 281 Fan 2_1

  1. Taman
  2. Carport
  3. Teras
  4. R tamu
  5. R keluarga
  6. R makan
  7. Dapur
  8. R tidur utama
  9. Ruang tidur tamu
  10. Kamar mandi utama
  11. Kamar mandi
  12. Gudang
  13. Innercourt

 

Denah lantai 2

Studio Desain 281 Fan 3_1

  1. Ruang tidur 2
  2. Ruang tidur 3
  3. Ruang Cuci, Jemur
  4. Ruang Setrika

 

 

 

 

 

 

Demikian jawaban atas pertanyaannya. Semoga bermanfaat!

About Rumah Guide