3 Hal Penting Terkait Waterproofing!

By on April 1, 2017
Waterproofing bahan_1

Rumah sudah di-waterproofing, tetapi bocor tak juga menyingkir? Mungkin, 3 hal ini jadi penyebabnya!

Solusi bocor bukan hanya mengaplikasi waterproofing dengan benar. Anda juga harus mengetahui hal-hal penting terkait waterproofing secara utuh. Ini untuk menyempurnakan hasil agar bocor benar-benar menyingkir.

Nah, terkait masalah itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini dia 3 hal penting tersebut.

1. Deteksi Sumbernya

Mengetahui titik bocor ini sangat penting, jangan sampai Anda salah mendeteksi sumbernya karena pekerjaan Anda akan jadi percuma. Apabila titik bocornya parah, jangan langsung di-waterproofing.

“Tambal terlebih dahulu dengan menggunakan semen dan pastikan titik bocor tertutup sempurna,” ucap Hendra Noprida, Product Specifier PT Avia Avian. Pastikan juga sebelum dilakukan waterproofing tambalan sudah kering sempurna, bebas debu, bebas kotor, dan bebas lumut.

2. Perhatikan Waktunya

Sudah diperbaiki tetapi masih bocor? Bisa jadi, Anda salah waktu mengerjakannya. Ya, walau sudah diketahui sumber bocornya, menangani bocor tidak bisa dilakukan di hari itu juga.

“Jika semalam rumah Anda mengalami kebocoran, jangan langsung menambal dengan waterproofing di pagi harinya,” ucap Hendra. Area bocor yang akan di waterproofing harus dalam kondisi kering, bukan basah. Minimalnya, dibutuhkan waktu 1×24 jam, hingga area bocor kering dan siap diperbaiki.

Jika hari itu masih mendung, tutup area bocor dengan menggunakan pelindung lain seperti plastik atau terpal. Setelah area bocor kering sempurna baru lakukan waterprooring. Setelah diperbaiki dengan waterproofing, area tersebut masih membutuhkan waktu 1×24 jam untuk proses pengeringan.

Jika kurang dari 1×24 jam area yang sudah di-waterproofing terkena air lagi, ada kemungkinan pelapis anti-bocor ini tidak berfungsi sempurna.

3. Perawatan itu Penting!

Waterproofing itu sifatnya tidak abadi. Produk ini memiliki masa kadaluarsa jika sudah diaplikasi. Ini yang harus dipahami dan dimengerti banyak orang. Anggapan, kalo sudah di-waterproofing akan anti bocor selamanya itu adalah salah. Apapun jenisnya, waterproofing memiliki masa kadaluarsa sekitar 2 tahun. Artinya, Anda harus melapisi area-area yang rentan terkena bocor sebelum tenggat waktu mencapai 2 tahun.

Teks Irfan Hidayat Foto Dok. NO DROP

Editor Irfan Hidayat

About Rumah Guide